oleh

Turun Ke Dapil, Ketua Komisi II DPRD Trenggalek Hadiri Pra Musrenbang Kecamatan panggul

PANGGUL – Ketua Komisi II DPRD Trenggalek dan Bupati Trengalek menghadiri Pra Musrenbang (Mysyawarah Rencana Pembangunan) di Kecamatan Panggul.Selasa (08/2/2022)

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Umum Kecamatan Panggul ini Damai ini selain dihadiri Ketua Komisi II dan Bupati Trenggalek turut dihadiri para Kepala Desa dan Tokoh masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Trenggalek mengatakan pihaknya memastikan akan mengawal aspirasi yang berasal dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan.

“Usulan masyarakat akan diperjuangkan secara maksimal, dan prosentasenya akan ditingkatkan tentunya disesuaikan dengan kekuatan keuangan daerah,” Kata Mugianto.

Politisi Demokrat ini menyebutkan jika musrenbang tersebut sudah diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Kegiatan ini sangat penting dan sangat menentukan arah usulan pembangunan di setiap kecamatan yang ada,” ujarnya.

Dilanjutkannya, jika usulan dari Desa atau Kelurahan akan menjadi skala prioritas dari masyarakat yang ada di Kabupaten Trenggalek pada Tahun 2023 kedepan.

Dia menekankan jika musrenbang kedepan tidak lagi menjadi formalitas seperti sebelumnya.

“Musrenbang ini akan disinkronkan dengan pokir anggota DPRD yang diusulkan masyarakat saat reses,” jelas Pria yang biasa disapa Kang Obeng ini.

Lebih lanjut dia berharap dengan diadakannya pra-Musrenbang ini, kegiatan pada hari pelakasanaan Musrenbang bisa lebih efektif.

“penbangunan harus dilakukan perencanaan, dan perencanannya itu sendiri harus mengikuti pada aturan yang jelas, ada RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) sebagai rencana kegiatan Pemerintah Daerah,” kata Mugianto.

Mugianto menerangkan bahwa Kegiatan Pemerintahan daerah semua bersumber dari Musrenbang untuk menampung aspirasi dari bawah, di sisi lain juga melihat dari aturan yang ada, semua bisa saling menguatkan.

“Bahwa di pemerintahan ada musrenbang, di dewan ada Pokir yang bisa kolaborasi saling menguatkan satu sama lain,” terangnya.

Mugianto berharap Pra Musrenbang merupakan bagian dari Perencanaan Pemerintah Daerah yang rutin dilaksanakan dan sangat baik untuk menampung aspirasi dan perencanaan pembangunan.

“Kehadiran saya sebagai wakil rakyat dari Dapil III ini, sangat mendukung sekali, melihat dan mengikuti perjalanan Pra Musrenbang ini merupakan bagian dari Sinergitas antara pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan Legislatif,” pungkasnya..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.