oleh

Tergerus Banjir, Plengsengan Sepanjang 40 Meter Di Kecamatan Suruh Ambrol

SURUH – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Suruh dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanggul penahan jalan (TPJ) ambrol.

Tanggul Penahan Jalan (TPJ) yang ambrol tersebut terletak di RT. 24 RW. 05 Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

“TPJ yang ambrol tersebut terjadi pada Minggu (19/12/2021) sekira pukul 21.30 WIB,” ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Tri Puspitasari.

Dijelaskan oleh Tri Puspitasari, tanggul dengan panjang mencapai 40 meter dan tinggi 9 meter yang jebol tersebut diakibatkan oleh gerusan banjir.

“hujan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Suruh sejak Pukul 21.30 WIB debit air sungai Desa Mlinjon meningkat dan menggerus Tanggul Penahan Jalan sehingga tanggul tersebut ambrol,” terangnya. Senin (20/12/2021).

Beruntung lokasi jebolnya tanggul penahan Banjir ini jauh dari pemukiman warga sehingga tidak membahayakan warga di sekitar lokasi.

“Lokasinya sekitar 100 meter dari rumah warga, Tidak terlalu membahayakan pemukiman,” ujarnya.

Dikatakan oleh Tri, Tim Reaksi Cepat BPBD, Relawan BPBD dan tiga Pilar Desa Mlinjon sudah melakukan cek lokasi pada senin pagi.

“Untuk meminimalisir resiko berbahaya bagi pengguna jalan, sementara petugas memasang tanda bahaya di lokasi,” ujarnya.

Pihaknya berharap kewaspadaan warga di Wilayah Trenggalek yang beresiko terjadi bencana terutama tanah longsor dan banjir di musim hujan.

“Dihimbau kepada warga agar selalu mengantisipasi bencana hidrometeorologi pada musim penghujan seperti saat ini,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.