oleh

Kordinasi Dengan Tim Arkeologi, Disparibud Trenggalek Akan Lanjutkan Penggalian Situs Gondang

TUGU – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek akan melanjutkan proses penggalian (Ekskavasi) terhadap situs yang ditemukan di Desa Gondang Kecamatan Tugu.

Untuk proses eskavasi terhadap situs yang diperkirakan usianya lebih tua dari zaman Kerajaan Majapahit tersebut pihak Disparibud Trenggalek telah menyiapkan anggaran sekitar 60 juta rupiah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto mengatakan pihaknya akan berkordinasi terlebih dahulu dengan Tim arkeologi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

“Untuk jadwal ekskavasi kami masih berkoordinasi dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Jawa Timur,” kata Sunyoto, Kamis (22/9/2022).

Dijelaskan oleh Sunyoto, ekskavasi situs gondang kali ini merupakan lanjutan dari proses penggalian yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Tim arkeologi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

“Proses penggalian ini untuk mengetahui potensi peninggalan purbakala yang lebih komprehensif,”ujarnya.

Sebelumnya, pada Selasa (26/7/2022) hingga Jumat (29/7/2022) Tim BPCB sudah melakukan pengalian dan menemukan tiga arca utuh dan struktur bangunan di situs gondang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.