oleh

Kain Tenun Trenggalek Kesukaan Bu Gubernur Khofifah

SURABAYA – Kain tenun Trenggalek yang sebelumnya dianggap sebelah mata kini mulai populer dikalangan penggemar mode.

Tak terkecuali orang nomer satu di Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang sangat menyukai kain tradisional Kabupaten Trenggalek tersebut.

Dalam beberapa kali acara dia terlihat mengenakan baju berbahan batik maupun tenun karya asli Pengrajin Tenun Trenggalek.

Pada acara pembukaan East Java Tourism Award dan East Java Fashion Harmony 2021, Jumat (10/12/2021) malam Gubernur perempuan ini juga memarkan batik Trenggalek yang dipakai.

“Seperti malam ini, saya memakai batik Trenggalek,” ujar Khofifah dalam sambutannya.

Dalam Pagelaran bergengsi tingkat jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) di Grand Mercure, Khofifah nampak anggun memakai kebaya batik junjung drajat asal Trenggalek.

Tidak hanya itu, melalui akun Instagram resmi miliknya @khofifah.ip. Mantan menteri sosial itu terlihat mengenakan kain tenun berwarna cokelat.

Khofifah mengungkapkan kain tenun yang dikenakannya tersebut merupakan tenun Trenggalek.

“Siapapun yang pernah mencoba pakai outfit berbahan Tenun Trenggalek saya jamin bakalan susah move on,” tulis Khofifah, Rabu (15/12/2021).

Motif Kain Tenun Trenggalek

Dikatakan oleh Khofifah, Tenun Trenggalek ini memiliki motif khas cengkeh, manggis, dan alam. Tidak perlu khawatir kembaran, karena dibuat secara manual dan ekslusif.

“Apalagi kain tenunnya ditenun secara manual tanpa bantuan mesin,” lanjut Khofifah.

Khofifah pun mengendorse dan mengajak seluruh perempuan untuk memborong kain tenun Trenggalek.

“Ingat, tampil keren dan kece tidak harus dengan pakaian merek luar negeri,” kata Khofifah dalam kolom komentar akun Instagram tersebut.