Jalur lingkar Wilis Mulai Dibangun, DPRD Jatim Minta 6 Wilayah Harus Solid Tingkatkan Potensi Wisata

0

SURABAYA – Jalur Lingkar Wilis merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang telah masuk dalam Proyek Stategis Nasional (PSN).

Direncanakan akan mulai dibangun tahun 2020 ini dan berakhir 2022 mendatang. Oleh karena itu pihak DPRD jatim meminta kepada enam daerah harus solid untuk kembangkan wisata di lingkar wilis.

Proyek ini melibatkan kerja sama wilayah Lingkar Wilis yang meliputi 6 kabupaten. Yaitu, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun dan Nganjuk.

“Kerja sama antar-wilayah ini sangat diperlukan untuk mendorong, mempercepat dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata anggota Komisi B DPRD Jatim, Chusainuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/8).

Diterangkan, wilayah Lingkar Wilis ini punya potensi alam yang tidak kalah dengan daerah Batu, atau destinasi wisata lainnya. Oleh sebab itu harus sudah mulai diciptakan atau dibuka tempat wisata yang menarik di jalur Lingkar Wilis ini.

“Jalur Lingkar Wilis ini akan mendongkrak potensi wisata yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga sekitar,” tegas politisi PKB ini.

Ia berharap, wilayah ini mampu seperti kawasan wisata di Batu. Destinasi wisata terkoneksi dari mulai Gunung Bromo, Lingkar Wilis, hingga Yogjakarta.