Inspirasi Dari Desa Wisata Ponggok, Yang Sukses Mengelola BUMdes

0

Infoseputartrenggalek.com – Program dana desa yang bergulir sejak 2015 lalu tidak dipungkiri memang memberikan dampak positif bagi beberapa desa, disamping kabar miring dari penyimpangan yang terjadi.

Sebagaimana kita ketahui, program dana desa ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong kemajuan desa yang mendapat program ini agar dapat memaksimalkan potensi-potensi yang dimilikinya agar dapat mensejahterakan masyarakat didesa tersebut.

Dengan peningkatan jumlah dana yang dialokasikannya, pemerintah berharap dapat meningkatkan pula persentase keberhasilan program ini, keberhasilan itu sendiri dapat diukur dari pemanfaatan dana desa untuk sesuatu yang dapat memajukan desa itu sendiri.

Salah satu contohnya dapat dilihat dari keberhasilan Desa Ponggok yang berhasil memanfaatkan program dana desa sehingga dapat mengubah Desa Ponggok yang dulu dikenal miskin menjadi desa yang maju secara perekonomian. Desa Ponggok adalah sebuah desa yang berada di kawasan Klaten, Jawa Tengah.

Dengan pemanfaat dana desa yang baik oleh para pengelolanya, kini Desa Ponggok menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit.

Beberapa pemanfaatan dana desa itu adalah dengan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa di desa tersebut, dimana BUMDes itu sendiri bertugas untuk mengatur dan mengelola segala potensi yang dimiliki desa tersebut agar dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga Desa Ponggok.

Kepala Desa Ponggok sendiri memberi rincian pada awal menerima dana desa pada tahun 2015 disebutkan bahwa dari total 277 juta yang diterima, beberapa persen digunakan untuk membuat infrastruktur seperti sanitasi, MCK hingga jalan desa yang totalnya mencapai 50 unit.