Inilah Data 13 Desa Di Trenggalek Yang Rawan Terjadi Tsunami

0

TRENGGALEK – Pasca keluarnya riset Institut Teknologi Bandung (ITB) soal potensi tsunami di sepanjang pantai selatan Jawa Timur, BPBD Jatim menyebut ada 9 kabupaten/kota berpotensi tsunami. Diantaranya kabupaten dan Trenggalek.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Joko Rusianto mengatakan, pantai selatan yang langsung berhadapan dengan samudera hindia masuk daerah rawan, ada 3 Kecamatan yang rawan berpotensi tsunami yaitu Kecamatan Panggul, Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Munjungan.

“Ada 13 Desa di Tiga Kecamatan yang masuk kategori daerah berpotensi tsunami, karena mayoritas berada di pesisir Pantai,” ujar Joko Rusiyanto.

Joko menjelaskan, dari tiga belas Desa tersebut diantaranya Desa Wonocoyo, Desa Panggul, Desa Nglebeng, Desa Banjar, di Kecamatan Panggul.

Desa Ngulungwetan, Desa Craken, Desa Masaran, Desa Munjungan, Desa Tawing, di Kecamatan Munjungan.

Serta, Desa Karanggandu, Desa Margomulyo, Desa Prigi, Desa Tasikmadu, di Kecamatan Watulimo.

“Desa desa tersebut rawan terjadi tsunami, adanya lempeng Indonensia-Australia dengan Eurasia dapat menyebabkan gempa. Sedangkan gempa tersebut memicu terjadinya tsunami, kendati tidak semua gempa dapat menyebabkan tsunami,” jelasnya.

Joko menambahkan Wilayah Trenggalek tidak hanya harus waspada terjadinya tsunami semata, namun rawan multi bencana.