oleh

Ikatan Sedulur Trenggalek, Komunitas Mandiri Berbasis Sosial

Ikatan Sedulur Trenggalek (IST merupakan komunitas sosial yang ada di Trenggalek bersifat independen, mandiri dan memiliki sifat sosial.

Komunitas ini didirkan mulai tahun 2O12 di Kabupaten Trenggalek yang berawal dari acara Kopi Darat netizen grup facebook Info Seputar Trenggalek.

Menurut Pendiri sekaligus ketua Umum Ikatan Sedulur Trenggalek, Bambang Puji Susilo, kegiatan awal berdirinya komunitas IST ini hanya sekedar acara kumpul kumpul sesama member atau Kopi Darat.

“namun seiring bertambahnya anggota, tercetus ide untuk melakukan kegiatan sosial untuk keluarga kurang mampu atau yang membutuhkan,” ujar Bambang.

Dari hasil iuran sukarela dari para anggota dan simpatisan, Ikatan Sedulur Trenggalek akhirnya fokus untuk menjadikan komunitas sebagai paguyuban sosial.

“pertama kali, anggota datang sendiri dari lingkup lokal Trenggalek, namun lama kelamaan mengembangkan sayap ke luar kota bahkan ke luar negeri,” ujarnya

Walhasil, menurut Bambang, Komunitas IST tidak hanya membantu dalam bentuk sumbangan kepada warga miskin semata namun juga ikut berperan menjadi kontrol sosial di Kabupaten Trenggalek.

“dengan adanya aduan masyarakat melalui media sosial yang kita fasilitasi melalui grup Facebook, selain kita beraksi menyalurkan bantuan secara langsung juga bisa menjadi kritik dan kontrol sosial kepada Pemerintah,” terangnya.

Menjadi Relawan GERTAK

Akhirnya, kata Bambang, mulai tahun 2O15 semenjak kepemimpinan Emil Ipin, Ikatan Sedulur Trenggalek direkrut untuk menjadi pasukan relawan untuk melaporkan kemiskinan di Trenggalek.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.