Harga Menggiurkan, Budidaya Porang Di Trenggalek Semakin Diminati

PULE – Pertanian komoditas Porang di Trenggalek akhir-akhir ini, semakin meningkat. Ini di buktikan dengan meningkatnya pesanan bibit porang yang mencapai 100 persen lebih tinggi dari tahun lalu yakni 2019.

Bukan untuk petani tua, para peminat benih porang justru dari para petani muda atau kaum milenial. Hal tersebut tentunya menjada kabar baik, dimana para kaum muda sudah melirik dunia pertanian, khususnya porang.

“Peminat justru lebih banyak dari kalangan milenial. Mudah-mudahan ini merupakan awal perubahan yang baik di dunia pertanian dan perkebunan,” tutur Suparni salah satu petani porang asal Desa Sidomulyo.

Selama ini diketahui Desa Sidomulyo Kecamatan Pule merupakan daerah pertama yang mengembangkan budidaya porang dan pusat petani Porang Terbesar di Kabupaten Trenggalek.

Suparni mengaku komoditas Porang mempunyai masa depan yang sangat bagus. Ini baik dari sisi manfaat maupun kebutuhan pasar. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Trenggalek khususnya petani.

Disinggung mengenai masalah kekhawatiran akan anjloknya harga setelah bayak petani yang membudiyakan Porang, Suparni menegaskan bahwa perlu kejelian dalam berbudidaya, apapun itu.

Yang pertama yakni berapa banyak produk turunan yang bisa dihasilkan dari komoditi tersebut. Porang mempunyai produk turunan yang sangat banyak. Setelah dibuat tepung maka tepung Porang bisa diolah menjadi apa saja. Bila produk turunannya banyak apalagi yang manfaatnya untuk dikonsumsi.

BACA JUGA  Ini Dia Daftar 4 Proyek Jalan Di Trenggalek Yang Tidak Dibayar Penuh

You May Also Like