oleh

Bupati Trenggalek Minta OPD Respon Cepat Aduan Masyarakat

TRENGGALEK – Di era informasi seperti saat ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meminta ada respon cepat dari petugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap laporan maupun aduan dari masyarakat.

Menurut Bupati Trenggalek, meskipun permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan saat itu juga, tetapi minimal kehadiran aparatur Pemerintah dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat untuk memberikan jawaban terhadap permasalahan yang ada.

Hal ini disampaikan Bupati Nur Arifin saat membuka koordinasi koordinasi layanan informasi dan Dokumentasi-PPID serta Monev SP4N-LAPOR! di Hotel Bukit Jaas Permai, Rabu (14/9/2022).

“Terkait pelaporan, yang penting masyarakat cepat mendapat respon yang paling penting. Kadang-kadang masyarakat ada yang membutuhkan informasi klarifikasi, bisa dijawab minimal dibalas terima kasih akan kita tindaklanjuti,” tulisnya.

“Ada yang memang ingin tahu tentang jalan rusak yang sudah diusulkan progresnya sudah sampai mana, sampai lelangkah, proses upload dokumen, atau perencanaan. Sayanya itu, kalau ada masyarakat cepat direspon,” tegas Bupati.

Disaat yang sama, Bupati muda ini juga mengingatkan agar OPD setiap kegiatan yang ada bisa disajikan menjadi informasi yang mudah diterima masyarakat. Hal ini merupakan program masyarakat juga tahu apa saja yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Tidak perlu rumit, cara paling mudah, paling sederhana, tapi pekerjaan selesai. Misal bikin foto bersandingan before after (sebelum dan sebelum), tidak perlu komputer yang handal atau IT yang canggih,” tutur Bupati Trenggalek.

Di sisi lain, pemimpin yang akrab disapa Mas Ipin ini menyebut dalam waktu dekat Pemkab Trenggalek akan menerapkan sistem penilaian kinerja ASN 360.

Dalam sistem penilaian ini, kinerja ASN akan memandang dari semua sisi. Baik atas langsung, rekan selevel, bawahan, hingga penilaian yang langsung diberikan oleh masyarakat.

Sehingga diharapkan sistem ASN 360 ini dapat menciptakan paradigma baru bagi ASN untuk mendorong kemampuan kinerja sebagaimana diharapkan oleh masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.