Anjungan Cerdas Di Indonesia Baru Ada Dua, Salah Satunya Di Trenggalek

0

KEDIRI – Keberadaan Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek akan menjadi ikon baru bagi masyarakat di Kabupaten Trenggalek.

Pasalnya anjungan cerdas ini merupakan salah satu diantara dua Anjungan Cerdas yang ada di Indonesia.

“Indonesia baru memiliki dua Anjungan Cerdas, satu di Kabupaten Trenggalek satunya lagi di Provinsi Bali,” terang Benny Sampirwanto, Plt Kepala Bakorwil I Madiun saat membuka Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Aset Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu, Trenggalek di Hotel Bukit Daun, Kota Kediri, Rabu (30/9) malam.

Diterangkannya, Anjungan Cerdas merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam backbone Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) yang terletak di pinggir jalan nasional yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi pelayanan kepada pengguna jalan, pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal dan bagian dari inkubasi kawasan.

Pembangunan Anjungan Cerdas ini memiliki tujuan strategis bagi pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah atau kabupaten/kota yang ada di sekitarnya.

Anjungan cerdas yaitu sebagai “bridge” (jembatan) antara gap ekonomi di kawasan perkotaan dan non perkotaan dan mengurangi disparitas antar kawasan khususnya jalur WPS 12, edukasi, pelatihan, kesehatan, kebudayaan dan komersial, menciptakan konektivitas antara backbone utama dengan komunitas local di daerah.m

Mengangkat identitas kawasan wisata di daerah sekitar, mendorong entrepreneurship di sekitas kawasan Anjungan Cerdas, sebagai stimulant pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar Anjungan Cerdas.