3 Hari Operasi Zebra Semeru, Ratusan Pengendara Di Trenggalek Ditindak Petugas

TRENGGALEK – Sebanyak 118 pengendara ditilang oleh petugas selama tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2022 di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Kanit Kamseltibcar Satlantas Polres Trenggalek, Aiptu Ali Wibowo mengatakan, jumlah penindakan tersebut berdasarkan data yang dicatatkan sejak pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2022 pada Senin (3/10/2022).

“hari pertama 35 tilang, hari kedua 56 tilang dan hari ketiga 17 tilang,” Kata Aiptu Ali Wibowo, Kamis (06/10/2022).

Selain penindakan tilang, sebanyak 233 pengendara mendapat penindakan berupa teguran oleh kepolisian.

“Hari pertama 67 teguran, hari kedua 77 teguran dan hari ketiga 89 teguran,” Ujar Aiptu Ali Wibowo.

Ia menjelaskan, jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara antara lain, main ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengguna sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang hingga pengemudi yang tidak menggunakan safety belt.

“Kemudian pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi dalam pengaruh alkohol hingga melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pelanggar dari pengendara dibawah Umur atau pelajar, menurut Aiptu Ali Wibowo mengalami penurunan drastis.

“Rata-rata didominasi masyarakat umum, kalau pelajar relatif kecil,” ujarnya.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Semeru 2022 sendiri dilaksanakan selama kurang lebih 14 hari atau dua pekan mulai dari 3-16 Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, ada tujuh pelanggaran yang menjadi fokus dalam pelaksanaan operasi yakni pengemudi menggunakan ponsel, di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, penindakan kepada pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan helm standar, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus, serta pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *